Berapa Banyak Saya Harus Konsumsi Protein dalam Sehari?



Ketika Anda bertemu orang-orang yang memiliki tubuh tegap, atletis, dan mempunyai otot mengagumkan, mungkin Anda akan berpikir bahwa Anda juga bisa mendapatkannya. Padahal, belum tentu. Perlu usaha ekstra dan pengorbanan luar biasa untuk bisa mendapatkan tubuh seperti itu.
Jika Anda pemula, dan ingin melakukan usaha untuk membuat tubuh Anda lebih proporsional, maka langkah yang pertama adalah melakukan diet dengan mengatur pola makan Anda. Banyak perdebatan mengenai metode diet yang tepat. Karena jika Anda salah langkah, justru Anda akan mendapatkan masalah besar.
Diet juga dianggap dapat menyusutkan pertumbuhan otot Anda. Itulah sebabnya, ketika diet Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Suplemen juga begitu penting untuk menutupi kekurangan asupan protein dalam tubuh Anda. Namun permasalahannya adalah, berapa banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh? Ini merupakan pertanyaan mendasar, tapi sangat penting untuk Anda ketahui.

Protein untuk Tubuh Anda

Jika Anda mempunyai maksud ingin membakar lemak dan dan menurunkan berat badan, maka mengonsumsi protein yang cukup ketika menjalani program diet dan latihan akan mencegah penyusutan massa otot Anda.
Berdasarkan beberapa sumber, konsumsi protein para atlet biasanya berkisar antara 1.2 – 1.6 gram setiap satu kilogram berat badan. Namun, normalnya konsumsi protein yang sebaiknya Anda konsumsi secara umum adalah 0.8 gram per kilogram berat badan Anda. Dengan rekomendasi ini, maka seorang atlet angkat berat 80 kilogram hanya perlu mengonsumsi 64 gram protein per hari. Dengan demikian, hanya 8.5 persen dari total kalori secara keseluruhan berasal dari protein. Jumlah tersebut termasuk rendah apabila dibandingkan dengan standar biasanya.

Konsumsi Protein Sewajarnya

Kebanyakan, kesalahan mengenai konsumsi protein didasari dengan pemikiran logis, bahwa semakin banyak Anda mengonsumsi protein, maka semakin tinggi pula pembentukan otot di tubuh Anda. Namun menurut beberapa sumber, pemikiran logis tersebut masih diragukan. Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengonsumsi protein ke tingkat melebihi 1.6 – 1.8 gram per kilogram berat badan dengan tujuan meningkatkan massa otot dan menurunkan kadar lemak, hal itu justru tidak menunjukkan hasil positif.
Dengan demikian, peningkatan konsumsi protein tidak meningkatkan pembentukan otot melalui latihan. Hal itu justru malah membawa pengaruh yang cukup signifikan terhadap performa latihan dan proses pembentukan otot Anda. Itulah sebabnya, tidak ada metode diet yang menganjurkan untuk konsumsi protein lebih tinggi untuk mengoptimalkan massa otot.
Sudah mengerti kan, seberapa banyak Anda harus mengonsumsi protein? Jadi, konsumsilah protein sewajarnya, untuk pembentukan massa otot Anda yang lebih sempurna. (gie)
Sumber : http://duniafitnes.com/supplement/berapa-banyak-saya-harus-konsumsi-protein-dalam-sehari.html
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar