Jogging Bantu Pertahankan Kemampuan Fisik



Studi terbaru menemukan bahwa aerobik, jogging khususnya, dapat membantu mempertahankan kemampuan berjalan ketika seseorang memasuki usia lanjut (lansia).
Peneliti melakukan riset pada lansia dengan usia 65 tahun dan meminta rutin melakukan jogging. Hasilnya, joging selama 30 menit tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi penurunan kemampuan fisik (berjalan) dari lansia.
Bahkan, joging lebih efisien sekitar 7-10 persen dibandingkan lansia yang tidak melakukan jogging. Hasil penelitian ini diterbitkan secara online dalam jurnal PLoS One.
“Apa yang kami temukan adalah bahwa lansia yang secara teratur melakukan jogging, memiliki apa yang kita sebut proses metabolisme lebih rendah. Bahkan, metabolisme ketika mereka berjalan mirip dengan orang dewasa muda berusia 20 tahunan,” kata Justus Ortega, profesor dan direktur Lab. Biomekanik di Humboldt State University di Arcata, California.
Metabolisme sendiri mengacu pada jumlah energi yang dikeluarkan tiap aktivitas. Secara alami, proses metabolisme akan meningkat seiring bertambahnya usia. Metabolisme yang tinggi dapat membuat lansia kesulitan berjalan dan sering lelah. Penurunan fisik sendiri merupakan masalah utama pada kesehatan lansia.
“Intinya adalah bahwa jogging membuat Anda lebih muda, setidaknya dalam hal efisiensi,” kata rekan penulis studi Rodger Kram, seorang profesor fisiologi integratif di University of Colorado, Boulder, mengatakan dalam rilis berita.
Peneliti berencana untuk melakukan riset lebih lanjut apakah kegiatan aerobik lain seperti bersepeda dan berenang, juga dapat memperlambat penurunan fisik seiring bertambahnya usia seseorang. (ctr)

Sumber : http://duniafitnes.com/news/jogging-bantu-pertahankan-kemampuan-fisik.html
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar