18 Desember Hari Bahasa Arab Sedunia


18 Desember adalah hari Bahasa Arab Sedunia. Banyak orang yang tidak mengetahuinya, bahkan banyak juga guru-guru Bahasa Arab yang masih belum mengetahuinya.

Organisasi Pendidikan Keilmuan dan Kebudayaan PBB, yang dalam bahasa Inggris disebut dengan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan 18 Desember sebagai hari Bahasa Arab Sedunia.

Penetapan itu hasil inisiatif dari dua negara anggota UNESCO; Maroko dan Saudi Arabia guna menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi yang digunakan dan diakui oleh dunia internasional.

Karena bagaimanapun juga Bahasa Arab memiliki peran yang besar dalam kemajuan peradaban dunia modern seperti sekarang ini. Terbukti bahwa banyak ilmuan yang memberikan sumbangan pemikiran serta banyak pula yang mengikuti pemikiran dan hasil penemuannya itu, dan mereka menggunakan Bahasa Arab untuk karya-karya mereka.

Bahasa Arab ialah bahasa yang telah digunakan oleh lebih dari 422 juta jiwa didunia ini sebagai bahasa percakapan mereka. Dan menjadi bahasa resmi nasional bagi kebanyakan negara-negara yang berada di kawasan Timur-Tengah dan Afrika Utara.

Kenapa tanggal 18 Desember ?

Karena pada tanggal 18 Desember 1973, Bahasa Arab resmi terdaftar dan menjadi bahasa internasional oleh UNESCO. Dengan demikian Bahasa Arab adalah Bahasa ke 6 dalam urutan bahasa internasional UNESCO dari 22 bahasa negara lainnya.

Sebagai informasi, UNESCO sebelumnya telah mengumumkan tangal-tanggal yang dijadikan hari peringatan untuk beberapa bahasa internasional yang diakui UNESCO: French (March 20), English (April 23), Russian (June 6), Spanish (October 12), Chinese (November 13) and Arabic (December 18).

Sumber : zarkasih20.blogspot.com
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar