7 Manfaat Lari



Berolahraga terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan ketika sudah tenggelam dalam rutinitas dan pekerjaan. Melakukan lari adalah olahraga paling ringan yang banyak memberikan manfaat positif bagi tubuh, berikut diantaranya:

1. Turun Berat Badan

Berjalan memang bertujuan untuk menjaga berat badan Anda sedangkan berlari itu untuk memangkas lebih banyak berat badan sehingga menciptakan penurunan dalam jumlah besar. Inilah latihan kardio yang dapat membakar kalori dan juga membantu mempercepat metabolisme.

2. Baik untuk Lutut

Beberapa masalah seperti rematik bisa jadi menyerang Anda. Ini disebabkan karena kurangnya pelenturan pada otot-otot. Melakukan lari-lari setiap hari adalah tindakan yang tepat untuk menjaganya. Tidak hanya menjaga bentuk tubuh lho, tetapi berlari pun dapat menolong sendi tetap dilumasi dengan baik dan bebas dari rasa sakit.

3. Jantung Sehat

Berlari secara teratur dapat memastikan pengurangan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Dengan berlari Anda akan menarik nafas dalam-dalam dan memasukkan banyak oksigen ke dalam tubuh. Ini akan menjadi latihan yang baik bagi jantung dan menjaga tubuh tetap energik.

4. Menekan Stres

Bagi anda yang suka berlari di luar ruangan hal ini dipandang sebagai salah satu anti-depresan. Berlari akan memberikan rasa kebebasan dan dapat membawa Anda ke tempat-tempat berbeda.  

5. Meningkatkan Konsentrasi

Ketika berlari, Anda berkonsentrasi pada jalan yang sebelumnya dilewati. Hal ini membuat banyak pelari percaya bahwa dengan berlari sama seperti melakukan meditasi. Karena hal ini dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi mereka. Terlebih ketika Anda berlari di atas mesin Treadmill ini sangat menuntut konsentrasi Anda agar tetap berada di posisi mesin karena jika tidak Anda akan terjatuh, dengan treadmill Andapun leluasa mengatur tingkat kecepatannya disesuaikan dengan kemampuan Anda.

6. Mengurangi Risiko Penyakit

Berlari sudah seharusnya dapat mengurangi risiko yang mengancam kesehatan seperti kanker, obesitas, dan asma. Secara umum menjadi seorang pelari dapat membuat anda menjadi lebih sehat.

7. Meningkatkan Stamina

Berlari dapat meningkatkan kekuatan paru-paru. Banyak manusia yang menggunakan paru-paru hanya sekitar seperempat dari kapasitasnya. Nah, ketika berlari, paru-paru akan mengembang dan bekerja lebih keras. Ini akan membuat Anda bernafas lebih baik dan meningkatkan seluruh stamina.

Yuk sempatkan setidaknya 3 kali seminggu untuk lari, tapi ingat jangan pernah lari dari masalah yah (^_^).

Sumber: http://health.detik.com/read/2013/04/25/070928/2229827/763/7-manfaat-hebat-ini-bisa-diperoleh-dari-lari
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar