Blog Pribadi dengan Domain ID

www.pandi.or.id


Alhamdulillah, Ahad siang,  tanggal 30 Nopember 2014, Saya memutuskan untuk memiliki halaman pribadi (blog) setelah bertahun-tahun lama keinginan ini bersemayam, namun baru sekarang diseriusi dan merealisasikannya. Sebenarnya Saya mengenal komputer ketika duduk di bangku kelas 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Buntet Pesantren Cirebon (MAN BPC) yaitu tahun 2003, bagiku ini sangat telat jika dibanding zaman sekarang yang kebanyakan anak semenjak SD sudah diperkenalkan dengan teknologi, yah maklum juga sih karena beda zaman yah hehe. Saya pertama diperkenalkan dengan komputer oleh Kakak laki-laki kedua, bagi Saya beliau sangat berjasa dalam dunia teknologi Saya, ibarat kata beliau telah membukakan pintu buatku untuk menuju ke dalam rumah teknologi, dalam keluarga besar beliaulah yang pertama memiliki Handphone, Komputer, Laptop dan gadget lainnya, bahkan beliau sampe membelikan 1 PC lengkap dengan Printernya dibawa dari Jakarta ke kampung halaman, jadi setiap liburan sekolah pulang ke rumah ada komputer yang bisa saya pelajari, karena waktu itu Saya masih sekolah di Aliyah dan lagi nyantri maka beliau menginstalkan Bahasa Arab di komputer yang dibawanya dari Jakarta itu. Lama-lama sayapun hafal Arabic Keyboard tanpa melihat panduan lagi ketika mau ngetik hamzah atau lam maka Saya harus tekan huruf apa, itu tak perlu lagi, karena saking rajinnya waktu itu depan komputer setiap liburan hafal deh jadinya. Karena tidak cukup hanya belajar sendiri, waktu itu Saya sangat membutuhkan arahan dan bimbingan untuk menggunakan fitur2 di Microsoft Office maka memutuskan untuk kursus di Lembaga Komputer Akper Buntet Pesantren, letaknya pas banget depan MAN Bunpes dan samping Pondok yang saya tinggali, jadi setiap seminggu sebanyak 3 kali selama hampir 2-3 bulan lamanya, akhirnya dari situ juga Saya mulai mahir menggunakan Ms. Office.

Berlanjut ketika lulus Aliyah Saya diterima masuk UNJ lewat jalur PMDK (tanpa tes) akhirnya hijrahlah dari Cirebon ke Ibu Kota, bulan-bulan pertama sudah mendapat tugas makalah yang harus menggunakan komputer, karena tidak punya akhirnya harus ngerental sekalian ngenet cari berbagai sumber buat makalah, paham karena pasti terus akan banyaknya tugas kuliah Kakak kedua Sayapun menghibahkan salah satu PCnya ke Saya, beliau baik banget yah :), jadi setiap ada tugas yang harus di ketik tinggal mengoperasikan PC ini. Sebetulnya Saya mengenal Internet itu pas baru masuk UNJ, karena bagi semua mahasiswa baru wajib mengikuti pelatihan Ms. Office dan Internet di Gedung Sarwahita UNJ (masih inget loh nama gedungnya hehe). Selama 2 bulan kurang lebih saya digempur habis-habisan sama pelatihan ini, yupz akhirnya Sayapun punya email, bisa chating pakai YM, bisa cari sumber-sumber di internet, banyak pokoknya dan tak ketinggalan bisa friendster-an juga (dulumah belum pada kenal facebook hehe). Setelah lulus dari Ujian pelatihan ini Sayapun mengasah kemampuan internet dari teman kuliah yang sudah lebih dulu kenal dan dari belajar sendidri alias otodidak, awal-awal kuliah dulu hampir tiap hari ngenet, baik di gedung Sarwahita, Puskom atau Warnet sekitar UNJ, yah itu tak terelakkan karena harus cari materi-materi tugas kuliah Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). Selain itu semua yang membuat Saya lebih menekuni dunia teknologi, Saya juga waktu itu diberikan pelatihan Ms. Office oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UNJ dan ini semakin terasah saat beberapa kakak kelas membuka usaha rental dekat UNJ, hampir setiap hari jadinya ngerental di situ sekalian belajar sama mereka, bahkan sampai pernah nginep-nginep segala :).

Lulus UNJ otakkupun sudah lumayan melek teknologi yah walaupun ga bagus-bagus amatlah, masuk dunia kerja Saya diminta ngajar pelajaran TIK, wah offside nih bukan ngajar bahasa Arab hehe, yah di MTs Negeri 6 Jakarta tepatnya 2 selama tahun 2008-2010 Saya mengajar TIK, Namun tenang di MTsN 6 Jakarta Kelas Jauhnnya Saya mengajar bahasa Arab walau hanya satu tahun, sekarang namanya MTsN 33 Jakarta (Cijantung). Selama di MTsN 6 Jakarta saya diminta membuatkan website dan mengelolanya, sayapun mengurusi surat dokumen pengajuannya hingga pengurusan sewa hosting dan pemilihan domainnya, setelah mendapatkan hosting dan domainnya Sayapun segera buatkan website MTsN 6 Jakarta yang berlamatkan saat itu di www.mtsn6-jkt.sch.id dengan menggunakan CMS Joomla, setelah itu sekalian jadi adminnya mengelola website resmi MTsN 6 Jakarta.

Tahun 2010 Saya hijrah ngajar Bahasa Arab di MAN 4 Jakarta, tepatnya Januari 2010. Selang 2 tahun Sayapun di amanahi untuk mengelola website MAN 4 Jakarta sampai saat ini. Saat tahun pertama website MAN 4 Jakarta beralamatkan di www.man4-jakarta.com. Saat itu admin lama menggunakan genertor CMS Balitbang, sebelumnya juga dia menggunakan CMS Joomla tapi setelah studi banding ke salah satu SMAN di Bandung dia berpindah ke CMS Balitbang karena SMAN tersebut menggunakannya. Namun sejak pertama kali diamanahi untuk memegang web MAN 4 Jakarta ini Saya langsung membuatkan website MAN 4 yang baru, karena sudah familiar dengan Joomla, Sayapun menggunakan CMS Joomla untuk web MAN 4, setelah tahun pertama berjalan sebagai pengelola (desain grafis+peliput berita+admin) Saya memutuskan untuk mengajukan penyewaan domain dan hosting gratis ke Pinmas Kemenag Pusat, yess di ACC sehingga rumah kami migrasi dari www.man4-jakarta.com ke www.man4jkt.kemenag.go.id. Karena tidak tepat untuk penamaan domain sekolah harusnya .sch.id tapi menggunakan .com jadi sempat juga waktu itu saya daftarkan kembali domain www.man4-jkt.sch.id, namun hanya saya gunakan selama satu tahun karena sudah hijrah ke man4jkt.kemenag.go.id, Alhamdulillah sekali karena kita diberikan sub domain yang berafiliasi dengan kemenag.go.id milik pusat, hebatnya lagi kita diberikan hosting gratis unlimited wow, jadi tak perlu perpanjang bayar invoice setiap tahunnya seperti yang dilakukan sebelumnya saat www.man4-jakarta.com. Langkah inipun diikuti oleh website MAN 9 Jakarta,  Karena Direktur Pinmas saat itu merekomendasikan madrasah di bawah Kanwil Kemenag Jakarta saat pelatihan pengelolaan website Satker di bawah kanwil Kemenag Jakarta untuk memanfaatkan server Kemenag agar dapat mengoptimalisasi server yang sudah dimiliki yang berkapasitas besar. MAN 9 Jakarta juga akhirnya mengajukan domain dan hosting ke Pinmas Kemenag dengan alamat man9jkt.kemenag.go.id. Hingga saat inilah server website MAN 4 berada di Kemenag Pusat. Saat ini tampilan desain website MAN 4 merupakan versi yang kedua, setelah sebelumnya saya rubah ke template yang lebih sederhana dan elegan :

Tampilan www.man4jkt.kemenag.go.id

Saya pun buatkan account Facebook, Twitter, Youtube dan Blogspot Resmi MAN 4 Jakrta :

Tampilan www.man4jaksel.blogspot.com

Tampilan www.twitter.com/man4jkt

Tampilan www.facebook.com/man4jakarta

Tampilan www.facebook.com/man4jkt

Tampilan www.youtube.com/man4jaksel


Selain mengajar Bahasa Arab dan mengelola website MAN 4 Jakarta Saya ditahun kedua dan ketiga bekerja MAN 4 jakarta diamanhi sebagai pembina Ekskul Qiraat (Seni Melagukan Al-Qur'an), Sayapun membuatkan website dan blognya :

Tampilan www.qiraat.16mb.com

Tampilan www.ekskulqiraat.blogspot.com

Tampilan www.ekskulqiraat.wordpress.com

Tahun 2013 ada peletakan batu pertama pembangunan masjid Terpadu MAN 4 Jakarta, Sayapun diminta membuatkan websitenya, namun Sayang sekarang sudah tidak aktif lagi, waktu itu alamat websitenya di www.masjid-terpadu.or.id. Sempat juga menginstal program Senayan di website MAN 4 Jakarta, tapi sekarang pihak perpus/Librarian menggunakannya Slims yang untuk Intranet saja, sehingga hanya bisa diakses lewat jaringan internet MAN 4 Jakarta.

Baik kembali ke Judul di atas "Blog Pribadi dengan Domain ID", yah semenjak Saya lulus Sarjana sebenarnya sangat menginginkan memiliki website pribadi, yah minimal blog lah, biar terbiasa menulis, karena masih belajar menulis jadi untuk awal-awal ini jangan kanget jika masih banyak copian dari website/blog orang lain, tapi tetep harus saya sisipkan sumbernya yah :), nantinya ingin terbiasa menulis apapun itu tapi tak jauh-jauh dari Islam, Bahasa Arab, Pendidikan dan Komputer, dan tentunya pengalaman dari kehidupan pribadipun yang memang patut untuk di publish di blog ini akan di publish. Awalnya mau sekalian buat website, tapi kalau website under CMS (Joomla, Drupal atau laiinya) harus menggunakan hosting, banyak sebenarnya hosting gratisan tapi yah namanya juga gratis, security dan jaminan keamanan data kita tak ada jaminannya, bisa hilang sewaktu-waktu jika pengelola servernya mau menghapus atau ada hacker yang tak bertanggung jawab mengacak-acak server itu, jadi sebaiknya membeli hosting saja, kebanyakan mereka menjamin keamanan data kita, kita juga akan dibantu secara cuma-cuma jika mengalami kendala teknis sewaktu-waktu terkait error di website kita, tapi untuk awal-awal Saya coba blog saja dulu, nah biar lebih keren domainnya Saya pakai domain berbayar, awalnya mau hasanudin.com, tapi rupanya sudah ada yang memakai, tahun lalu sempat tertarik dengan domain .in jadinya hasanud.in, domain .in ini adalah untuk negara india, tapi urung waktu itu mendaftarkannya ke web hosting/domain, akhirnya bulan November kemarin browsing-browsing ke situs pandi.or.id rupanya ada domain .id, wah menarik nih selain hanya 2 huruf, selama inikan web.id, info, com dll, tapi sekarang sudah ada domain untuk pribadi dengan .id, selain itu juga ada rasa bangga (baca: syukur) sebagai putra Indonesia, karena domain ini adalah akronim dari Indonesia. Dan akhirnya  Saya pastikan mendaftarkan hasanudin.id dan Alhamdulillah belum ada yang beli, tepat Kamis pagi menjelang siang tanggal 4 Desember 2014 Saya mendaftarkan domain id ke salah satu penyedia hosting dan domain untuk didaftarkan ke pandi.or.id, dan Sorenya sudah bisa uptime, siip akhirnya inilah halaman pribadiku dengan alamat :



Tampilan muka www.hasanudin.id


Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. assalamu'alaikum pak hasan, boleh dong share ilmu dan infonya bagaimana sistem pengajuannya ke pinmas.kebetulan web MTsN 6 skrng sya yang pegang,saya mau belajar nih,mohon balasannya via e-mail jg boleh salam ngebog dari www.ahmad.shoghir.info

    BalasHapus
  2. assalamu alaikum pak hasan , menggunakan domain id memang sesuatu ya pak ,alhamdulillah ane juga menggunakan domain id walau bukan original id, walaupun baru tapi semoga ajah bisa bertahan www.elkiram.co.id

    BalasHapus