Cara Membuat Website


Ada beberapa cara untuk membuat website, secara umum terbagi ke dalam 4 kategori yaitu:
  • Instan, cara ini adalah cara tercepat, termurah (alias gratis) dan termudah dalam membuat website. Contoh paling mudah adalah menggunakan blogspot, worpress, dll. Cara ini memiliki kelemahan pada tingkat fleksibilitas pembuatan. Kita hanya bisa membuat website sesuai format yang sudah disediakan oleh penyedia layanannya. Silakan baca tutorial cara membuat website menggunakan blogspot atau wordpress ini untuk mempelajari langkah-langkah pemuatannya.

    Contoh kategori ini adalah blog milik MAN 4 Jakarta yang beralamatkan di man4jaksel.blogspot.com
  • CMS atau Content Management System. Cara ini relatif cepat seperti metode instan, namun memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih dibandingkan cara Instan. Anda tinggal melakukan instalasi menggunakan software CMS yang sudah disediakan. Kita bisa melakukan perubahan lebih fleksibel dengan menginstal add on pada CMS tersebut. Namun demikian, Anda pada umumnya harus menyediakan nama domain dan hosting sendiri. Contoh CMS adalah Joomla untuk website yang umum, wordpress untuk blog (ya, wordpress memiliki 2 jenis yaitu instan dan CMS), Prestashop untuk toko online, dll. Anda bisa klik tutorial membuat website CMS WordPress ini untuk mempelajari langkah-langkah pembuatannya.

    Contoh kategori ini adalah website MAN 4 Jakarta (man4jkt.kemenag.go.id) yang dibuat dengan menggunakan Joomla:


    Website UIN Jakarta (uinjkt.ac.id) juga menggunakan Joomla :


    Website UNJ (unj.ac.id) menggunakan CMS Drupal :


    Adapun website utama UI (ui.ac.id) menggunakan CMS WP Content (Wordpress) :


    Sama seperti website Unpad (unpad.ac.id) yang menggunakan CMS Wordpress :

  • Framework, cara ini memiliki tingkat fleksibilitas pembuatan yang lebih tinggi, namun seseorang harus memiliki kemampuan web programming. Salah satu Framework PHP adalah Codeighniter.
     
  • Web Programming. Cara membuat website ini adalah yang paling fleksibel, namun lama dan Anda dituntut untuk memiliki kemampuan web programming. Kalau Anda sudah bisa membuat website dengan cara ini, maka pada dasarnya Anda bisa membuat segala jenis website yang Anda inginkan, nyaris tanpa batas. Kalau Anda tertarik untuk mempelajari cara ini, Anda minimal harus menguasai HTML, PHP danMySQL.

    Contoh kategori ini adalah website milik Kementerian Agama (kemenag.go.id) :

Sumber : prothelon.com (dengan tambahan contoh www.hasanudin.id)
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar