Doa Kehilangan Sesuatu Barang


Kita kadang kehilangan kunci motor, kacamata, telepon genggam, atau perabotan rumah tangga. Bisa jadi karena terjatuh, lupa di mana meletakkannya, atau lalai kalau barang yang dicari masih dipinjam tetangga. Maklum tidak semua orang memiliki daya ingat dan ketelitian tingkat tinggi terhadap barang miliknya. Solusinya sederhana, mengingat-ingat dan mencarinya.

Mereka yang kehilangan barang ini harus meningkatkan upaya pencarian terhadap perabotannya. Sementara hasil pencariannya mesti diserahkan kepada Allah. Tugas mereka hanya berusaha. Di samping itu Rasulullah mengajarkan doa yang perlu dibaca saat kehilangan suatu barang.

Sayid Utsman bin Yahya menerangkan doa berikut dalam karyanya, Maslakul Akhyar fil Ad‘iyah wal Adzkar.

اللّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِي وَبَيْنَ ضَالَّتِي فِي خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Artinya, Hai Tuhanku, Hai Zat Yang mengumpulkan sekalian orang di hari yang tiada syaknya lagi padanya. Kumpulkanlah kiranya antara aku dan barangku yang hilang, kumpulkan dengan kebajikan dan ‘afiyah.

Semoga doa ini bermanfaat. Sekurangnya mengurangi kepenatan pencarian atau membantu tumbuhnya keikhlasan terhadap barang yang belum diketemukan. Wallahu A’lam.

Sumber : http://nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,54932-lang,id-c,ubudiyah-t,Anda+Repot++Kehilangan+Sesuatu+Barang+-.phpx
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar