Latihan Angkat Beban Bantu Tingkatkan Daya Ingat


Jakarta - Latihan angkat beban berfungsi membentuk otot di berbagai bagian tubuh. Mulai dari otot bahu, dada, punggung, lengan hingga kaki. Belakangan diketahui, angkat beban juga bermanfaat untuk kesehatan otak.

Studi terbaru yang dilakukan peneliti di Georgia Institute of Technology menemukan bahwa latihan angkat beban yang intens bisa meningkatkan daya ingat hingga 10 persen. Tak perlu waktu lama, cukup 20 menit dalam satu sesi latihan.

Hasil ini diketahui setelah peneliti melakukan percobaan terhadap 46 anak muda. Mereka diminta mengingat 90 foto di layar komputer. Responden dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama mengingat foto sambil latihan menggerakkan kaki sebanyak 50 kali. Sedangkan kelompok kedua hanya duduk tanpa melakukan aktivitas fisik. Air liur setiap responden kemudian diambil sebagai sample.

Dua hari kemudian, responden kembali diperlihatkan foto-foto dengan jumlah dua kali lebih banyak. Dari 180 foto, 90 di antaranya merupakan gambar yang sama, yang pernah ditunjukkan pada pertemuan sebelumnya. Para responden pun diminta menyebutkan foto-foto mana saja yang pernah dan baru mereka lihat. 

Hasilnya cukup menarik. Seperti dikutip dari Huffington Post, ingatan kelompok yang melihat foto sambil olahraga lebih baik ketimbang yang hanya duduk diam. Responden di kelompok pertama bisa mengingat foto yang pernah mereka lihat sekitar 60 persen, sedangkan kelompok kedua hanya 50 persen.

Khasiat olahraga untuk meningkatkan kemampuan otak juga pernah terungkap dalam penelitian lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain, aktivitas kardiovaskular bisa dijadikan sebagai bagian dari pengobatan pada orang demensia.

Seperti dilansir Times of India, latihan kardio yang rutin dan tepat akan membuat otak lebih tahan terhadap kerusakan dan penyakit. Aktivitas kardiovaskular bisa berupa aerobik, kickboxing atau jogging.

Sumber : wolipop.detik.com
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar