Rajin Fitness Kok Badan Malah Tambah Gendut? Ini Dia Penyebabnya



Berada di gym dan melakukan latihan adalah salah satu tindakan nyata untuk membentuk massa otot yang diidamkan banyak pria. Lalu, bagaimana jika seandainya kita sering melakukan latihan, namun malah mendapatkan kenaikan berat badan?
“Saya sering melakukan latihan rutin dengan berada di gym. Berbagai macam latihan dengan gerakan-gerakan tertentu untuk melatih bagian tubuh tertentu juga telah Saya lakukan demi mendapatkan massa otot yang lebih besar. Namun, kenapa setelah saya melakukan latihan rutin di gym, berat badan Saya malah beranjak naik, padahal tubuh saya tidak menjadi gemuk?”
Itulah sepenggal kisah dari pengalaman salah satu fitnessmania yang bergabung dalam forum dunia fitnes. Mungkin, banyak pertanyaan serupa yang masih mengganjal di pikiran Anda. Untuk itu, perhatikan informasi berikut ini.
Berat Badan Bertambah, Padahal Rajin Lakukan Latihan
Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan di atas sangatlah simpel. Logikanya, jika Anda melakukan latihan dengan serius maka bagaimana bisa berat badan akan naik? Bisa, itulah jawabannya. Hal itu sangat mungkin, tapi penambahan berat badan bukan karena Anda semakin gemuk.
Melainkan, massa otot lah yang mengalami kenaikan. Hal ini terjadi karena massa otot lebih berat daripada lemak. Jadi, berat badan Anda akan naik meskipun lemak akan berkurang. Dengan begitu, artinya massa otot yang Anda idamkan telah menampakkan wujudnya. Seharusnya, Anda lebih senang dengan jawaban ini, bukan malah menjadi khawatir.
Awalnya, Anda mungkin tidak sadar dan mengira bahwa tubuh Anda gemuk karena mengalami kenaikan berat badan. Namun, orang yang berada di sekeliling Anda akan menyadari perubahan bentuk badan Anda semakin tegap dan ideal.
Jika Massa Otot Bertambah, Artinya Itu Kabar Baik
Menambah massa otot, itu bukan perkara mudah. Namun bukan berarti Anda juga harus melakukan angkat beban dengan berat ekstrem untuk meraih massa otot yang diidamkan. Otot selalu terbentuk setiap kali Anda melakukan latihan ringan sekalipun. Seperti halnya, berlari, bersepeda, berenang, bahkan sit up dan push up juga dapat membentuk massa otot. Namun masalahnya, sering kali otot tersebut masih kalah dengan jumlah kalori yang ada di dalam tubuh Anda.
Akibatnya, otot tertutupi dengan lemak-lemak tersebut. Maka, jika Anda menginginkan otot Anda nampak berurat dan kekar, maka musuh Anda adalah lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Perangi lemak yang Ada pada tubuh Anda dengan berlatih rutin dan menjaga pola makan dengan menu yang kaya akan nutrisi.
Namun, jika Anda telah mendapatkan massa otot Anda, berarti Anda adalah orang yang sangat konsisten. Karena, otot akan terbentuk jika Anda telah melakukan latihan dengan rutin. Program-program latihan, jadwal latihan, dan pola makan yang sehat tentunya telah memberikan dampak yang luar biasa bagi Anda.
Otot Membakar Lemak Setiap Saat, Bahkan Ketika Anda Tidur
Perlu Anda ketahui, bahwa otot akan tetap membakar lemak, bahkan ketika Anda tidak melakukan aktivitas apapun. Maka dari itu, semakin Anda mempunyai massa otot yang lebih besar, maka semakin banyak lemak yang terbakar ketika Anda sedang beraktivitas, bahkan ketika Anda tertidur lelap.
Namun, bukan berarti jika Anda sudah mendapatkan massa otot yang besar, maka Anda hanya mengandalkan pembakaran kalori melalui hal itu. Anda masih perlu untuk melakukan latihan secara rutin untuk lebih mendapatkan otot kering yang benar-benar terhindar dari lemak.
Bahkan, semakin besar massa otot Anda, maka kebutuhan kalori per hari Anda juga semakin besar. Itu artinya, Anda boleh mengonsumsi lebih banyak kalori dalam sehari, tapi hal ini tetap harus diperhitungkan. Bukan berarti Anda sudah berolahraga dan memiliki massa otot besar, lalu Anda bebas untuk makan sebanyak-banyaknya. Hal itu merupakan persepsi salah kaprah yang dilakukan oleh bayak orang. Hal itu pula lah yang menyebabkan kadar lemak di tubuh Anda bertambah drastis.
Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menggunakan alat ukur yang disediakan oleh pusat kebugaran untuk menghitung kadar lemak serta massa otot di tubuh Anda. Perhitungkan juga jumlah asupan nutrisi Anda setiap hari, dan konsumsi lah buah serta sayur yang banyak mengandung sedikit kalori. 

Sumber : tribunnews.com
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar