Manfaat Hebat Tidur Siang, Bikin Ingatan Lebih Kuat


Jika sebelumnya Anda menganggap bahwa tidur sianghanya untuk anak-anak dan bayi saja, maka faktanya adalahtidur siang bermanfaat untuk siapa saja. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa walau hanya 45 menit, tidur siang akan meningkatkan kemampuan mengingat hingga 5 kali.
Metode penelitian yang digunakan oleh seorang mahasiswa S2 bernama Sara Studte adalah dengan mengajarkan 90 kata serta 120 pasangan kata pada partisipan yang diambil dari siswa-siswa sekolah.
Setelah itu, setengah dari jumlah partisipan yang ikut dalam penelitian diperintahkan untuk tidur siang. Sedang setengahnya lagi tidak tidur. Jumlah keseluruhan siswa adalah 41 orang.
Penelitian yang hasilnya dipublikasi dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory itu memperlihatkan bahwa siswa yang melakukan tidur siang usai menghafal kata-kata yang diberikan ternyata mempunyai ingatan lebih baik.
Profesor Axel Mecklinger yang merupakan pengawas dari berjalannya studi tersebut lantas menyimpulkan bahwa tidur siang baik itu di kantor atau sekolah lebih mampu meningkatkan keberhasilan.
“Tidur siang singkat di kantor atau di sekolah sudah cukup untuk secara signifikan meningkatkan keberhasilan dalam belajar atau bekerja,” katanya dilansir oleh laman Metro.co.uk.
Saat seseorang tidur siang maka proses pengambilan informasi yang dilakukan oleh memori otak dapat meningkat bahkan hingga 5 kali lipat dibanding dengan orang atau siswa yang tidak tidur siang.
Jadi kesimpulannya, jangan meremehkan tidur siang walau hanya sebentar sebab otak memerlukannya terutama seusai belajar atau bekerja keras.
Sumber : iberita
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar