Perbedaan Fungsi Switchuser, Logoff, Lock, Sleep dan Hibernate pada Windows


  1. SHUTDOWN 
    Fungsi ini berfungsi untuk mematikan komputer secara keseluruhan.Saat kita memilih fungsi shutdown,semua komponen komputer (RAM, hardisk, prosesor, dll) akan dinonaktifkan,yaitu diputus aliran listriknya.Pada saat ini memori komputer (RAM) dikosongkan,sehingga jika hendak menghidupkan komputer kembali,butuh waktu cukup lama untuk me-load sistem operasi (misal Windows) kembali ke RAM.Ini terkait dengan pentingnya memori bagi komputer dan cara kerja sistem operasi.
  2. SWITCH USER
    Pergantian pengguna komputer tanpa menutup program. Maksud pengguna disini ialah pengguna yang mempunyai hak akses terhadap komputer tersebut, biasanya pengguna ini mempunyai password untuk mengakses komputer tersebut.
  3. LOG OFF
    Digunakan untuk pergantian pengguna komputer dengan menutup program. Log-Off – guna log off sebenernya kalau dalam satu komputer ada 2 ato 3 user, jadi ketika kita akan exit windows cukup kita log off user name kita tanpa harus shut down, dan memudahkan pengguna lain untuk Log-In tanpa harus meng start komputer dari awal dan juga mempercepat ketika akan digunakan. dalam keadaan log off sebagian besar komponen komputer dlm keadaan hidup tapi tidak bekerja, dan juga mengirit listrik jadi kalo cuma satu pengguna saja tidak ada artinya kalo kita log off, karena orang lain bisa menghidupkan komputer tersebut.
  4. LOCK
    Mengunci komputer sehingga jika ingin menggunakan komputer kembali, pengguna tersebut harus memasukkan passwordnya kembali. Biasanya fungsi LOCK ini digunakan jika pengguna komputer akan meninggalkan komputernya sebentar, misalnya ingin ke toilet atau menjawab telpon.
  5. RESTART
    Menutup semua program yang sedang berjalan, lalu komputer akan mati (shut down) dan akhirnya secara otomatis akan hidup kembali. Biasanya fungsi RESTART ini digunakan jika komputer mengalami hang atau proses komputernya sudah melambat apakah yang disebabkan oleh banyaknya program yang dibuka atau hal-hal teknis lainnya.
  6. SLEEP
    Fungsi Sleep dipergunakan untuk membuat komputer tertidur,maksud tertidur disini adalah,windows menyimpan semua aktifitas nya di dalam RAM dan berjalan dengan POWER yang sangat kecil ( listrik yang digunakan sangat sedikit ) dan memungkinkan kembali seperti semula hanya dengan beberapa detik. Hanya saja SLEEP ini hanya bisa berjalan jika masih ada battere,kalau ternyata battere nya mau habis maka komputer akan “Bangun” sendiri dan masuk ke HIBERNATE STATE, yaitu meng-copy semua aktifitas ( memori ) di ram ke dalam HARDDISK.
  7. HIBERNATE
    Pada fungsi hibernate,komponen komputer juga dimatikan secara keseluruhan,sama seperti shutdown.Bedanya,sebelum dimatikan (sebelum mengosongkan RAM),isi dari memori atau RAM tersebut disalin ke harddisk terlebih dahulu,sehingga saat hendak dihidupkan kembali,tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena isi RAM sudah ada di harddisk. Hibernate dapat menyimpan konfigurasi komputer sebelum dimatikan. Jadi jika misalkan Anda membuka banyak aplikasi kemudian meng-hibernate komputer,saat komputer dihidupkan kembali aplikasi-aplikasi itu masih terbuka seperti kondisi semula (tidak perlu takut kehilangan data). Ini berbeda dengan shutdown yang akan menghapus data Anda jika belum sempat disimpan. Cocok jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam waktu yang agak lama.
Sumber : ahmadbarkah1.blogspot.com via islampos.com
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar