Tips Agar Suara Merdu Saat Membaca Al Qur’an


Memiliki suara merdu, apalagi untuk membaca Al Qur’an adalah impian setiap orang. Rasulullah memerintahkan untuk memerindah suara saat membaca Al Quran. Tentu saja, yang tidak kalah penting adalah memelajari tajwid yang benar. Suara merdu tidak hanya milih para qori’-qari’ah saja. Namun orang biasa pun bisa memiliki suara merdu saat membaca Al Qur’an.

Berikut ini ada beberapa tips penting bagi Anda yang menginginkan suara yang merdu.

Pertama, latihan secara rutin. Pita suara yang dilatih secara rutin dapat menghasilkan suara yang merdu dan indah. Anda dapat melatihnya setiap hari dengan bantuan seorang guru atau belajar sendiri dari kaset-kaset murattal/qira’ah.

Kedua, miliki gaya hidup sehat. Jangan merokok, minum alkohol, teh, kopi, dan minuman bersoda serta es secara berlebihan. Minum air putih yang banyak, dan jangan banyak makan makanan berminyak serta makanan pedas. Makanan dan minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan tenggorokan Anda.

Ketiga, jaga pola tidur. Istirahat yang cukup dan jangan begadang. Istirahatkan pita suara secara teratur dan cukup agar bisa menghasilkan sara yang jernih dan merdu.

Keempat, jangan bicara yang tidak perlu. Bicara terlalu banyak, berteriak, berorasi dan sebagainya dapat membuat pita suara kelelahan. Jika Anda berbicara di sebuah forum yang menuntut Anda untuk bersuara keras, usahakan memekai pengeras suara.

Kelima, jaga agar tidak stress dan badan tetap fit. Stress juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh sehingga dapat membuat Anda rentan mengalami penyakit yang menyerang tenggorokan Anda. Istirahat yang cukup dan perkuat imunitas tubuh sehingga kesehatan Anda lebih terjaga.

Demikian tips agar suara Anda merdu saat membaca Al Qur’an. Bacaan Al Qur’an yang merdu dapat menggetarkan hati para pendengarnya. Anda bisa memilikinya dengan menerapkan cara-cara di atas. Selamat mencoba.

Sumber : fimadani.com
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar