Air Putih Bantu Cegah Kenaikan Berat Badan



Air putih tak hanya berguna untuk mencegah dehidrasi, tetapi juga bisa membantu mencegah kenaikan berat badan.

"Orang yang sedang diet sebaiknya minum air yang cukup, sehingga dapat merasa kenyang, yang pada akhirnya mengendalikan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh," kata dokter spesialis gizi klinik dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Sri Sukmaniah di Jakarta, Rabu.

Sri mengatakan air putih tidak mengandung kalori melainkan volume. Memenuhi kebutuhan air, ia melanjutkan, akan membuat tubuh tidak berlebihan menyerap kalori.

"Hidrasi yang cukup dapat mencegah hormon insulin meningkat, karena air memang tidak mengandung kalori, jadi tubuh akan memperoleh energi dengan memecahkan lemak," paparnya.

Hasil penelitian, menurut dia, menunjukkan bahwa anak-anak yang cukup minum atau terhidrasi dengan baik akan terhindar dari obesitas sejak dini.

"Perkenalkanlah kepada anak-anak minuman yang tidak mengandung kalori, bukan minuman berkalori tinggi seperti soda yang mengandung 200 hingga 220 kalori per kaleng, yang berarti sudah 10 sampai 12 persen dari total kalori," kata Sri.

(Maryati | antaranews.com)

Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar