Banyak Tidur Bantu Turunkan Berat Badan?


Pernahkah Anda bertanya apakah tidur memengaruhi berat badan? Iya, nyatanya, lama tidur memengaruhi hormon kita. Ketika kurang tidur, maka fungsi hormonal akan tergangganggu sehingga mempengaruhi metabolisme serta keinginan Anda untuk makan. 

Seperti dikutip Boldsky, Senin (29/6/2015), kurang tidur menyebabkan tubuh sulit membakar semua kalori berlebih yang dikonsumsi. Akhirnya, tubuh mulai menyimpan lemak daripada membakarnya. Pun, kortisol, yang merupakan hormon stres, akan disekresi dan mempengaruhi nafsu makan.

Sebelumnya, sebuah penelitian yang dilakukan University of Nebraska-Lincoln menemukan, kebiasaan susah tidur bisa menyebabkan kegemukan.

"Saat tidur terganggu, maka hormon yang mengendalikan nafsu makan akan memengaruhi stres dan keinginan untuk makan lebih banyak," kata peneliti Alyssa Lundahl dan Timothy D. Nelson.

Lantas berapa lama durasi tidur yang dianjurkan? peneliti tetap menyarankan tidur selama kurang lebih 6-8 jam. Jika lebih dari itu juga akan mengganggu metabolisme tubuh Anda yang sehat.

Agar program diet Anda berhasil, jaga kualitas tidur Anda dengan baik sehingga nafsu makan juga akan menjadi terkontrol. Makan terlalu sedikit atau terlalu banyak makan adalah efek samping dari kurang tidur.

Sumber : health.liputan6.com
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar