Perbedaan Antara Kata Al-'Anan dan Al-'Inan


Dalam bahasa Arab, sering kita dapati kata yang sama huruf dan urutannya namun berbeda ketika kita baca, mungkin hal ini tak begitu bermasalah jika kata tersebut sudah bersyakal, masalah akan muncul jika tak bersyakal alias gundul, maka kita harus jeli dan berhati-hati dalam membacanya, diantara kata yang sama urutan, jenis dan jumlah hurufnya adalah kata :
العنان
Kata di atas bisa di baca dengan syakal fathah pada huruf 'ain dan bisa juga dibaca dengan syakal kasroh pada huruf 'ain tersebut. Lalu bagaimana dengan arti atau maknanya, jelas sangat berbeda arti di kedua katanya, berikut artinya :

  1. العِنَان (al-'inan) sinonimnya adalah الحبل (al-habl) yang artinya tali
  2. العَنَان (al-'anan) sinonimnya adalah السحاب (al-sahaab) yang artinya awan 
Jadi jelas berbeda kan artinya.

Contoh dari العِنَان (al-'inan) adalah :
  • أرخى أحمد لسليمان العنان : Ahmad melepaskan tali (yang mengikat) Sulaiman 
Contoh dari العَنَان (al-'anan) adalah :
  • قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلَا أُبَالِي يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً . 
Dari Anas bin Mâlik Radhiyallahu anhu , beliau berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Allah Tabaraka wa Ta'ala berfirman, 'Wahai, anak Adam! Sungguh selama engkau berdoa kapada-Ku dan berharap kepada-Ku, niscaya Aku ampuni semua dosa yang ada pada engkau, dan Aku tidak peduli. Wahai, anak Adam! Seandainya dosa-dosamu sampai setinggi awan di langit, kemudian engkau memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku ampuni dan Aku tidak peduli. Wahai, anak Adam! Seandainya engkau menemui-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi, kemudian menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku sedikit pun, tentulah Aku akan memberikan pengampunan sepenuh bumi'." 

Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar