Haruskah Minum Minimal 8 Gelas Sehari ?



Tubuh memang membutuhkan cairan, termasuk air. Meski demikian, haruskah setiap hari seseorang mengasup delapan gelas air sehari?

"Tidak perlu, itu hanyalah rekomendasi kesehatan yang sebenarnya hanya mitos. Mencukupi kebutuhan cairan memang penting tapi jangan pula berlebihan," kata pakar kesehatan dari  Indiana University School of Medicine Aaron E. Carroll.

Sebab, menurut Carroll asupan cairan tidak hanya didapat melalui air saja, tetapi bisa juga dari buah dan sayur serta makanan lain yang mengandung air. Untuk itu, Carroll mengingatkan jangan terfokus dengan hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh dari air minum saja.

Selain itu, kebutuhan cairan tubuh masing-masing orang dengan usia dan tingkat aktivitas beragam pastinya juga berbeda. Untuk itulah Carroll menilai tidak bisa dipukul sama rata jika semua orang membutuhkan minimal 8 gelas air sehari.

"Terutama di musim panas, memang sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sebab, dalam kondisi cuaca panas akan lebih banyak cairan tubuh yang dikeluarkan. Untuk itu, jika tenggorokan sudah terasa haus, segera minum secukupnya," kata Carroll kepada New York Times dan dikutip pada Kamis (27/8/2015).

Sementara itu, Pennie Taylor, peneliti sekaligus pakar diet bersertifikasi di CSIRO Animal, Food and Health Sciences, mengatakan belum ada bukti ilmiah yang mampu mendukung hal ini. Dikatakan Taylor, pakar kesehatan setuju jika tubuh laki-laki membutuhkan 2,6 liter air dan wanita sekitar 2,1 liter air.

Taylor menyarankan untuk minum empat sampai enam gelas standar air per hari. Namun, jumlah air bisa ditambah jika sedang berada di tempat dengan suhu panas dan Anda sangat aktif melakukan kegiatan. Sebaliknya, ketika suhu dingin, konsumsi air bisa dikurangi.

"Jadi bagaimana mengetahui Anda dehidrasi? Lihatlah warna urine Anda. Jika warnanya kuning pucat, bisa dipastikan Anda butuh lebih banyak cairan. Tanda lain dehidrasi ringan lain yakni bibir kering dan pastinya tenggorokan haus," kata Taylor.

Sumber : detik.com (rdn/up)


Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar