Sejarah UNESCO Peringati Hari Bahasa Arab Sedunia Setiap Tanggal 18 Desember


Walau telah diperingati oleh badan PBB untuk pendidikan dan kebudayaan (UNESCO) sejak 2010 lalu, tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa UNESCO telah memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia (World Arabic Language Day) sejak tahun 2010 yaitu pada berlangsungnya pertemuan UNESCO EXcutive Board ke 190.

Inisiatif untuk menjadikan tanggal 18 Desember sebagai Hari Bahasa Arab sedunia diusulkan oleh Maroko dan Arab Saudi yang bertujuan untuk mempromosikan multilingualism dan keragaman budaya serta merayakan peran bahasa Arab dalam kontribusinya untuk peradaban dan kebudayaan manusia.

“Bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga menjadi jembatan yang memungkinkan terjadinya hubungan erat antar masyarakat,” tulis penjelasan resmi UNESCO di laman mereka.

“Hari Bahasa Arab Sedunia menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kesadaraan tentang kekayaan budaya dan sosial dari bahasa Arab dan memberikan kesempatan untuk menemukan lebih banyak tentang bahasa dan kontribusinya bagi peradaban Manusia,” lanjut penjelasan UNESCO.

Seperti diketahui bahasa Arab digunakan oleh 22 Negara anggota UNESCO dan menjadi salah satu bahasa resmi organisasi terebut. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang memiliki penutur luas dimana digunakan lebih dari 422 juta orang yang sebagian besar tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Alasan dipilihnya 18 Desember sebagai tanggal Hari Bahasa Arab Sedunia, karena Bahasa Arab merupakan bahasa kerja resmi PBB sejak 18 Desember 1973. Peringatan Hari Bahasa Arab sendiri dimulai pada tanggal 19 Februari 2010 dimana UNESCO merayakan hari internasional untuk enam bahasa yang digunakan PBB yaitu Prancis (20 Maret ), Inggris (April 23), Rusia (6 Juni), Spanyol (12 Oktober), Cina (November 13) dan Arab (18 Desember).

Sumber Artikel & Foto : aktualita.co
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar