Sayangilah Makhluk Yang Ada Di Bumi


Pernahkah Anda mendapati salah satu hewan, seperti anak kucing yang sedang mengeong-ngeong  tak berdaya di dalam saluran got di tengah malam saat jalan pulang? Jika pernah mendapati kejadian seperti ini apakah lantas Anda cuek dan menghiraukannya begitu saja? "Ah biarin tuh binatang, repot-repot amat", atau Anda tersentuh untuk menolongnya? Maka bagi saya di sini kepekaan Anda diuji terhadap makhluk Tuhan, jika berhenti sesaat untuk menolong seekor anak kucing itu dari kemalangan menuju jurang kematian tak membuat Anda payah, sakit atau ketinggalan pesawat/kereta serta Anda mampu melakukannya, maka lantas kenapa tak menolongnya? kita tidak tahu amal perbuatan mana yang menjadi sebab atau wasilah yang membawa kita masuk ke surga-NYA. Coba Anda saksikan video di bawah ini, betapa sebegitunyakah orang-orang ini berupaya menolong untuk mengeluarkan beberapa anak itik yang terjebak dalam saluran di pinggir jalan raya, terlihat di dalam video ini diambil di luar Indonesia. 


Terlepas mereka muslim atau bukan, yang jelas bagi saya perbuatan mereka sejalan dengan apa yang Rasulullah sabdakan :

الراحمون يرحمهم الرحمن، ارحموا أهل الأرض يرحمكم من في السماء (رواه أبو داود وصححه الألباني)
Orang-orang penyayang akan disayang Allah yang Maha Penyayang, sayangilah ahli bumi (makhluk yang ada di bumi) maka (makhluk) yang ada di langit kelak akan menyayangimu (HR. Abu daud, disahihkan Al-Albani)

Mari kita peka terhadap sesama makhluk Allah, bukan hanya terhadap sesama manusia juga terhadap hewan yang membutuhkan pertolongan kita.

Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar