Ngaji Bareng Prof Nasaruddin Umar


Selasa pagi (09/02/2016) tempat kerja saya mengadakan acara perdana, yaitu pengajian mingguan untuk para pendidik dan tenaga kependidikan MAN 4 Jakarta. Acara yang in syaa Allah akan diselenggarakan rutin tiap Selasa pagi ini diisi oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Nasaruddin Umar, MA. Bagi para pegawai di lingkungan Kementerian Agama sosok beliau sangat familiar, karena Prof Nasaruddin pernah lama menjabat sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam), selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag) di kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Nah beberapa waktu yang lalu beliau dilantik oleh Menteri Agama Lukman Hakim Safiuddin sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal, menggantikan Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub MA. 
Materi perdana kajian yang disi oleh Prof Nasaruddin pada Selasa pagi ini adalah sebuah ayat Al-Qur'an surat Al-Baqoroh ayat 151 :
كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ
Bagi saya pribadi kajian beliau sederhana namun sangat menyentuh, apalagi ayat dikaitkan dengan profesi seseorang sebagai guru, sangat bagus dan sungguh menggugah hati untuk instrospeksi diri, memuhasabah diri.
Yang saya senang dari kajian beliau juga salah satunya saat dibahas perbedaan antara kata Mukhlish dan Mukhlash, bagi saya pribadi yang pernah belajar Bahasa Arab arti kedua kata ini bukanlah hal yang luar biasa, mungkin bagi Anda juga yang paham Bahasa Arab kedua kata ini hanya antara Isim Fail dan Isim Maf'ul dari Fi'il Akhlasha. Namun menjadi luar biasa saat beliau kaji perbedaan dua kata tersebut dari segi makna yang dalam terkait dengan profesi seseorang dalam menjalani tugas-tugasnya. Bahkan kalau boleh saya katakan, didalam pembahasan Prof Nasar juga terdapat kandungan tasawwufnya yang bagi saya pribadi sangat mengena ke hati.
Dan Alhamdulillah saya berhasil mendokumentasikan kajian Selasa pagi ini, dan jika Anda sebagai seorang guru, maka amat sangat dianjurkan untuk menontonnya :


Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar