Perbedaan Antara Ta'lim dan Tadris


Kata تعليم berati "pemberitahuan." Kata ini adalah bentuk kata dasar (masdar) dari kata kerja 'allama (علم= kata kerja lampau), yang berarti "memberitahukan" kepada seseorang sesuatu yang belum dia tahu. Kalau saya berkata "Allamtuka syay'an" (علمتك شيئا), maka artinya adalah "Saya memberiatahukan sesuatu (yang belum Anda tahu sebelumnya)." Dari makna itu juga, kata ini diartikan dengan "mengajarkan." "Memgajarkan" artinya memberitahukan seseorang sesuatu yang yang belum dia tahu.
Kata mu'allim (معلم) berarti "pemberi tahu, pengajar" yang biasa kita sebut "guru." معلم adalah seseorang yang selalu memberitahukan atau mengajarkan seseorang sesuatu yang belum dia tahu. انا معلم (Anaa mu'allim) artinya "Saya guru." هل انت معلم؟ (Hal anta mu'allim?)= Apakah Anda guru?, tanya teman Anda. Anda menjawabnya dengan: نعم انا معلم (Na'am, anaa mu'allim= Ya, saya guru.)
Kata تدريس (tadriis) berarti "pengajaran". Kata ini adalah bentuk kata dasar (masdar) dari kata kerja darrasa (درس). Arti asal dari kata ini ialah "mendorong orang lain untuk belajar terus, memotivasinya untuk belajar terus."
Kata مدرس (mudarris) berarti "seseorang yang selalu melaksanakan tugas mengajar dan mendorong orang lain untuk terus belajar. Kalau Anda berkata انا مدرس (Anaa mudarris) berarti Anda seseorang yang selalu mendorong dan memotivasi orang lain untuk selalu belajar. هل انت مدرس؟ (Hal anta mudarris?). Jawabannya, انا مدرس (Anaa mudarris), kalau Anda pengajar dan selalu mendorong orang lain untuk terus belajar.
Dari sini dapat kita katakan bahwa: تعليم اللغة العربية (Ta'liimul Lughatil Arabiyyah) berarti "memberitahukan orang lain bahasa Arab, yang belum diketahuinya." Penekanan makna kata ini pada orang yang belum tahu. Sedangkan تدريس اللغة العربية (Tadriisul Lughatil Arabiyyah) berarti "mendorong orang lain untuk terus belajar bahasa Arab. Penekanan makna kata ini pada orang yang belum tahu dan juga yang sudah tahu bahasa Arab. Dalam pendidikan dan pengajaran, kedua kata ini selalu digunakan dalam pengertian "mengajar."

Penulis : Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar