Ayat Al-Qur'an Yang Dibaca Qori Saat Rapat Kerja (Raker)


Di sebuah lembaga, apapun itu, kantor sekolah atau madrasah, terlebih lembaga pemerintahan, selalu akan ada yang namanya rapat kerja atau yang biasa kita singkat raker. Nah biasanya di pembukaan raker itu terdapat pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang akan dibacakan sang qori, terlebih lembaga tersebut adalah lembaga yang kental kaitannya dengan keislaman, seperti madrasah-madrasah, kantor kemenag kota/kab atau kanwil kemenag dan lainnya. Lalu kira-kira ayat apa yang dirasa tepat dan sesuai dengan kegiatan yang namanya raker ini? Hanya cerita pengalaman, pagi tadi  (22 Juni 2016) tempat saya bekerja mengadakan raker, lalu beberapa menit sebelum acara dimulai saya ditodong sama panitia untuk menjadi qori di acara raker ini, mendadak otak saya berfikir keras mencari ayat yang dirasa sesuai, dan Alhamdulillah tak butuh lama saat itu juga saya tertuju pada surat Al-Hasyr ayat 18 dan Ali-Imron ayat 159. Kenapa? Pertama kenapa surat Al-Hasyr ayat 18, karena ayat ini berisi agar kita melihat yang telah lalu dan menjadikannya sebagai evaluasi bagi kita untuk kedepannya, kaitannya dengan raker apa? karena yang namanya raker itu tak terlepas dari evaluasi-evaluasi dari program-program yang telah lalu, jadi sesuai kan :) Kemudian kenapa ayat selanjutnya adalah diambil dari surat Ali-Imron ayat 159? Mari kita cek mushaf dan terjemahannya ayat ini intinya berbicara tentang apa? Ya ! betul ayat ini salah satu isinya biasa dijadikan sebagai dalil untuk musyawarah dalam suatu hal, dalam mengambil keputusan, lalu apa kaitannya dengan raker? Tentu berkaitan sekali, karena yang namanya raker pasti di dalamnya ada pembahasan program-program kedepannya yang biasa dibagi menjadi beberapa komisi-komisi, nah dalam pembahasan program di dalam komisi-komisi tersebut dibutuhkan yang namanya musyawarah untuk diambil kata mufakat yang nantinya akan di bawa di rapat pleno dalam raker tersebut. Jadi sepakat yah, sesuai kan :)

  • Al-Hasyr ayat 18
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
  • Ali-Imron ayat 159
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
Artinya : Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya. 

Wallaahu a'lam bishshowaab...




Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar