Buka Puasa Lebih Sehat Dengan Buah-Buahan


Setelah seharian berpuasa, langsung makan berat ketika berbuka dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Anda disarankan untuk makan secara bertahap dengan makanan yang ringan terlebih dahulu.

Makan buah bisa menjadi pilihan ketika Anda mengawali santap buka puasa Anda. Buah-buahan umumnya memiliki indeks glikemik rendah, sehingga ketika dikonsumsi saat berbuka dapat meningkatkan secara perlahan kadar gula darah yang turun saat puasa seharian.

Beberapa buah-buahan berikut ini dapat membantu pencernaan, mencegah keasaman dan menjaga cairan dalam tubuh agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

Semangka
Semangka mengandung air sampai 92 persen. Semangka juga sarat dengan vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Nutrisi lainnya yang terkandung dalam semangka adalah asam amino dan kalium. Semua nutrisi tersebut dapat menjaga asupan cairan dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Semangka kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Senyawa-senyawa tersebut sangat bermanfaat sebagai zat antioksidan, mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas.

Jeruk
Jeruk dikenal juga mengandung air untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi jeruk yang mengandung vitamin C sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin sehari-hari. Fungsi vitamin C yaitu merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh. Sehingga sangat baik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh Anda. Selain itu serat yang terakandung dalam jeruk bisa dimanfaatkan untuk membantu sistem pencernaan Anda menjadi lancar.

Anggur
Anggur memiliki kemampuan untuk mengobati sembelit, gangguan pencernaan dan kelelahan. Buah ini kaya akan vitamin A, C, B6 dan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan selenium. Secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula, yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. Anggur juga memiliki indeks glikemik rendah yang bisa meningkatkan kadar gula darah secara perlahan.

Strawberry
Buah Strawberry kaya akan berbagai mineral, vitamin, dan antioksidan, yang semuanya mudah diserap oleh tubuh. Strawberry banyak mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, kalsium, magnesium dan kalium. Selain mengandung vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, Strawberry memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi serat, yang membantu mengatur kadar gula darah meningkat secara perlahan.

Apel
Apel mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium dan Air yang dapat menjaga asupan cairan tubuh Anda. Selain itu, Apel juga mengandung serat yang dapat merangsang kesehatan usus besar. Buah ini dapat mencegah konstipasi (kembung) dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus. 85 persen kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Anda bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut tanpa diolah maupun diolah terlebih dahulu. Namun jika Anda mengonsumsinya diolah seperti mencampurnya menjadi jus, perhatikan campuran yang lain seperti gula, susu kental manis ataupun sirup dan jangan terlalu banyak mencampurkannya. Karena bila terlalu banyak, dapat menghilangkan manfaat yang baik dari buah-buahan tersebut dan membuat kadar gula darah Anda meningkat sangat drastis sehingga tidak baik bagi tubuh Anda. Selamat berpuasa dan semoga bermanfaat. (duniafitnes.com)
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: