I'rab Ungkapan Kullu 'Aamin Wa Antum Bi Khairin


Bagi umat Islam Indonesia, ucapan Kullu 'Aamin Wa Antum Bi Khairin adalah ucapan yang sudah tidak asing lagi, karena setiap hari raya ungkapan ini sering terdengar dari mulut ke mulut. Nah di sini saya coba mengemukakan I'rab ungkapan ini, bagi seseorang yang menggeluti bahasa Arab hal ini wajib diketahui, simak penjelasannya berikut ini :

Ungkapan كل عام وأنتم بخير bisa dibaca dengan empat macam bacaan :

  1. Kulla 'Aamin Antum Bi Khairin, dengan dinashabkannya Kulla dan tanpa ada huruf Wawu sebelum kata Antum. Di sini posisi Kulla sebagai Dzaraf Zaman Muqaddam, dan Antum Bikhair sebagai Mubtada dan Khabar.
  2. Kullu 'Aamin Wa Antum Bi Khairin, ucapan ini yang sering kita dengar, lalu I'rabya seperti apa? Kullu dibaca Rafa' karena posisinya sebagai Fa'il dari Fi'il yang dibuang yaitu kata Yamdli (Berlangsung), jadi kalau Fi'ilnya tidak dibuang jadi kira-kira seperti ini : يمضي كل عام وأنتم بخير. Atau bisa juga Kullu di sini posisinya sebagai Mubtada dari Khabar yang dibuang yaitu kata Yamdli, jadi kalau lengkapnya seperti ini : كل عام يمضي وأنتم بخير. Lalu Wawu-nya adalah sebagai Wawu Hal, dan Antum Bikhairin posisinya sebagai Mubtada' dan Khabar yang menempati posisi Hal.
  3. Kulla 'Aamin Wa Antum Bi Khairin, Kulla dibaca Nashab karena sebagai Dzaraf yang sebelumnya seharusnya ada Fi'il yang terbuang yaitu Ta'iisyuuna (Kalian Hidup) atau kata Taqdluuna (Kalian Menghabiskan). Wawu-nya sama posisinya seperti yang nomor 2 diatas, yaitu Wawu Hal, dan Antum Bikhairin posisinya sebagai Mubtada' dan Khabar yang menempati posisi Hal.
  4. Kulla 'Aamin Antum Bi Khairin, Kullu dibaca Rafa' karena posisinya sebagai Mubtada, lalu Antum Bi Khairin adalah Khabarnya, yaitu berupa Khabar Jumlah Ismiyah (Antum Mubtadanya dan Bi Khairin Khabarnya).
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar