Strategi Pembelajaran Istima'


Sebagai seorang pengajar Bahasa Arab, maka dituntut untuk menguasai strategi pembelajaran maharah istima', kalam, qiraah dan kitabah. 

Dan berikut ini beberapa contoh strategi yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran istima’  (menyimak) dalam pembelajaran bahasa Arab seperti yang dilansir oleh situs taufiq.net, yang bisa coba dipraktekkan oleh para pengajar bahasa Arab :

Strategi 1 (True or False)
Strategi ini bertujuan untuk melatih kemampuan mendengarkan bacaan dan memahami isi bacaannya secara global. Dalam strategi ini yang dibutuhkan adalah rekaman bacaan dan potongan-potongan teks yang terkait dengan isi bacaan tersebut untuk dibagikan kepada siswa.

Langkah-langkahnya adalah:
  • Bagikan potongan-potongan teks yang dilengkapi dengan alternatif jawaban benar atau salah (B/S).
  • Perdengarkan bacaan atau nash lewat kaset atau CD dan para siswa ditugaskan untuk menangkap isi bacaan secara umum.
  • Setelah bacaan selesai, para siswa diminta membaca pernyataan-pernyataan yang telah dibagikan, kemudian memberikan jawaban benar atau salah terhadap pernyataan tersebut. Jika pernyataan tersebut sesuai dengan isi bacaan yang didengar, berarti benar, dan jika tidak sesuai maka jawabannya salah.
  • Mintalah masing-masing siswa untuk menyampaikan jawabannya.
  • Perdengarkan sekali lagi kaset tersebut agar masing-masing siswa dapat mencocokkan kembali jawaban yang telah ditulisnya.
  • Berikanlah klarifikasi terhadap semua jawaban tersebut agar semua siswa mengetahui kebenaran dari jawaban mereka masing-masing.
Strategi 2 
Strategi ini lebih menekankan pada aspek kemampuan memahami isi bacaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengiringi dalam setiap bacaan tersebut.

Langkah-langkahnya adalah:
  • Perdengarkan nash yang sudah direkam dalam kaset maupun CD.
  • Mintalah semua siswa untuk mendengarkan dan mencatat hal-hal yang penting.
  • Mintalah semua siswa untuk menjawab soal-soal yang disampaikan pada akhir bacaan tersebut. Jawaban dapat disampaikan secara lisan maupun tertulis.
  • Mintalah masing-masing siswa untuk menyampaikan jawabannya (presentasi).
  • Berikan klarifikasi di akhir sessi terhadap jawaban siswa.
Strategi 3
Strategi ini tidak hanya menitik beratkan pada aspek kemampuan memahami isi bacaan, tetapi juga kemampuan untuk mengungkapkan kembali apa yang sudah didengarnya dengan bahasa sendiri.

Langkah-langkahnya adalah:
  • Perdengarkan nash yang sudah direkam dalam kaset atau CD.
  • Tugaskan kepada setiap siswa untuk mencatat kata-kata kuncinya (keyword) sambil mendengarkan.
  • Setelah selesai, para siswa diminta untuk mengungkapkan kembali isi bacaan tersebut dalam bentuk lisan atau tulisan.
  • Mintalah setiap siswa untuk menyampaikan (mempresentasikan) hasilnya secara bergantian.
  • Berikan klarifikasi terhadap hasil kerja siswa untuk memberikan penguatan terhadap pemahaman siswa.
Share on Google Plus

Tentang Hasanudin SZ

Saya Hasanudin SZ, adalah seorang Pendidik/Guru Bahasa Arab di Madrasah | Email : hasanudin@live.com
    Komentar (Google+)
    Komentar (Facebook)

0 comments:

Posting Komentar