Asupan Ketika Olah Raga Lari

Asupan Pelari
Selain teknik berlari yang benar, anda juga harus memperhatikan asupan yang tepat. Mulai dari jenis dan kapan anda mengkonsumsinya.
·         Perlukah makan sebelum lari?
Sebiknya makan besar paling lambat 3-4 jam sebelum lari. Pada 2-3 jam sebelum lari minum 500-600 ml air. Makanan padat rendah kalori dengan rasa yang tidak merangsang lambung masih bisa dikonsumsi. Satu jam sebelum lari hanya boleh minum 150-300 ml. Volume air yang diminum harus sesuai dengan kemampuan toleransi lambung anda.
·         Apa yang perlu saya konsumsi saat berlari?
Pada saat berlari hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan dalam bentuk cair, yaitu minuman. Kurang lebih 400-800 ml per jam tergantung intensitas latihan. Minuman sebaiknya menganduk 0,2-0,45% garam dan 5% glukosa. Atau boleh minum air mineral dan sport drink lainnya.
·         Apa nutrisi yang baik setelah berlari?

Nutrisi setelah berlari adalah untuk rehidrasi dan mengganti sumber energi yang hilang. Disarankan untuk minum yang mengandung elektrolit dan karbohidrat. Makan besar sebaiknya 2-3 jam setelah berlari.

Sumber : Majalah Fitness For Man (FFM)

Post Author: Hasanudin, M.Pd

Hasanudin, M.Pd | Email : hasanudin@live.com | Telegram : @hasanudinsz