Jumlah Kosa Kata Bahasa Arab : 12,3 Juta

Terbayangkah oleh Anda (jika Anda seorang pembelajar, guru, dosen, pemerhati atau pecinta) Bahasa Arab itu memiliki berapa mufrodat atau kosa kata ? Mungkin anda tak pernah terpikirkan atau tak mau memusingkan diri unutk mengetahui jumlah kosa kata bahasa Arab. Nah saya pun demikian, baru terpikir sekarang ini saat saat saya memperoleh info jumlah kosa kata bahasa Arab melalui salah satu website berbahasa Arab (www.azzamaldakhil.com). Di dalam website tersebut ditampilakan gambar infografis perbandingan 4 bahasa, yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Prancis dan bahasa Rusia. Kosa kata bahasa mana di antara 4 bahasa dunia tersebut yang paling banyak, lihat gambarnya di bawah ini :

Dari gambar di atas diperoleh informasi bahwa bahasa Arab memiliki 12.302.912 kosa kata (tanpa pengulangan), disusul urutan kedua bahasa Inggris yang memiliki kosa kata sekitar 600.000. Kemudian disusul bahasa Perancis yang memiliki kosa kata sekitar 150.000. Dan diurutan keempat adalah bahasa Rusia yang memiliki kosa kata sekitar 130.000. Terlihat di gambar bahwa bahasa Arab jumlah kosa katanya 25 kali lipat dari kosa kata bahasa Inggris.

Menurut website tersebut diinfokan bahwa cara untuk memperoleh jumlah kosa kata dari keempat bahasa tersebut adalah dengan cara memperolehnya dari berbagai sumber dan melihat kamus terbesar dan terlengkap dari masing-masing bahasa di atas. Berikut ini beberapa sumber yang dijadikan rujukan :

  • معجم العين للخليل بن احمد الفراهيدي
  • مُعجم عجائب اللغة (نوادر ودقائق ومدهشات ٌ علميّـة ويتضمن الألفاظ الدخيلة على اللغـة العـربيّـة). شوقي حـمادة. الطبعـة الأولى. دار صادر. بيروت. 2000.
  • معجم الفردوس، قاموس الكلمــات الإنجليزية ذوات الأصول العـربيـّة تأليف أ. د. مُهنـّد عـبد الـرزّاق الـفـلـوجـيّ الهـاشِــمـيّ طبعة الأولى ٢٠١٢
  • Claiborne R. The Life and Times of the English Language. London: Bloomsbury, 1990. Pp. 1 and 3.
  • Susan Griffith (on behalf of British Council). Teaching English Abroad. Revised 8th edition (revised by Deborah Penrith). Vacation work Publication 2006.

Bagaimana, Anda percaya ? Menurut saya pribadi terlepas dari jumlah tepatnya dari kosa kata bahasa Arab tersebut saya meyakini bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang paling kaya. Ini seolah mengonfirmasi bahwa Allah menurunkan Al-Qur’an dengan bahasa Arab agar kita dapat berakal, menggunakan akal kita, agar kita dapat berfikir, agar kita cerdas, dengan cara mengetahui penggunaan kosa kata-kosa kata bahasa Arab, Al-Quran tak sembarangan menggunakan dan memilih kosa kata-kosa kata bahasa Arab sehingga siapapun tak akan mampu menandingi dan membuat semisal dengan Al-Quran. Logikanya kenapa Allah memilih kitab suci-Nya menggunakan bahasa Arab, tentunya bukan sembarangan dan bahasa Arab bukanlah bahasa yang biasa namun luar biasa.

Post Author: Hasanudin

Hasanudin, M.Pd | Email : hasanudin@live.com | Telegram : @hasanudinsz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *